info polisi

Februari 22, 2024 7:05 pm

Harga Beras Dipasar Rangkas Bitung Mengalami Kenaikan

INFOPOLISI. NET | LEBAK

Lebak. Harga beras Dipasar Rangkas Bitung kabupaten lebak Banten mengalami kenaikan rata rata kenaikan harga sebesar Rp 2.000 sampai 3.000 /kg selama satu bulan terakhir. Selasa (12/9/2023).

 

Kenaikan harga beras Dipasar Rangkas Bitung ini Karena diakibatkan oleh beberapa faktor. Apalagi sudah hampir 2 bulan dikabupaten Lebak terjadi kekeringan dan mengakibatkan terjadinya gagal panen disejumlah daerah.

 

Koyah, warga Rangkas Bitung mengatakan jika dirinya sangat kewalahan dengan naiknya harga beras yang pastinya akan membebani perekonomian keluarga, pasalnya beras merupakan bahan pokok kebutuhan yang paling utama.

 

“Ya mau gimana lagi terpaksa dibeli walaupun harganya naik,paling kita harus bisa mengatur dalam pembelanjaannya untuk menghemat pengeluaran agar kebutuhan pangan keluarga dapat terpenuhi” ungkapnya.

 

 

Sementara itu Didi salah satu penjual beras Dipasar Rangkas Bitung membenarkan jika harga beras saat ini mengalami kenaikan harga.

“Benar, harga beras naik. Yang biasanya kita jual 10.000-10.500/kg sekarag dijual Rp 13.000-13.500/kg, yang biasa kita jual Rp 9500/kg sekarag dijual Rp 11.500-12.00/kg nya” ungkap Didi saat ditemui di lapaknya (12/9/2023).

 

Ia pun menjelaskan, kenaikan harga beras ini tentunya akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Yang biasanya membeli 15 kg sekarag hanya bisa membeli 10 kg saja.
Kalau konsumen tidak berkurang, akan tetapi daya beli saja yang berkurang,” Imbuhnya.

 

Ia juga menambahkan kenaikan harga beras ini karena banyak area persawahan yang dilanda kekeringan sehingga petani tidak bisa lagi menanam padi langsung. Karena faktor kekeringan tersebut pasokan beras pun semakin sedikit dan kenaikan harga beras pun Dipasar terjadi,” Ujarnya.

 

 

Ditempat berbeda, melalui sambungan telepon kepala bidang perindustrian dan perdagangan (Disperindag) kabupaten Lebak, Yani membenarkan data kenaikan harga beras berdasarkan pantauannya dari tanggal 7 Agustus sampai 9 September 2023. Kenaikan harga beras terjadi pada semua jenis beras yang dijual dipasar Rangkas Bitung. “Ungkap Yani

 

“Fenomena El Nino membuat musim kemarau berkepanjangan dan mengakibatkan gagal panen dibeberapa wilayah. Ini berpengaruh juga pada pasokan beras. Meski harga beras naik tapi stok beras dikabupaten Lebak sampai saat ini masih aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.(Red-Tohiri)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin