info polisi

Februari 22, 2024 5:57 pm

Kapolda Sumsel Menerima Kunker Pejabat Gubernur Sumsel, Ini yang Dibahas Kapolda

INFOPOLISI.NET | PALEMBANG

Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIK menerima Kunker Pejabat Gubernur Sumsel Dr. Agus Fatoni, MSI beserta Forkompimda Prov Sumsel. Diruang Vicon lantai 2 Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM 4 Palembang.rabu 04/10/2023.

 

 

Dalam penyampaiannya Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIK mengatakan Polda Sumsel saat ini sedang melaksanakan operasi Stop Karhutla Musi 2023 untuk memadamkan Api di wilayah dan kita prioritaskan Kabupaten OKI serta kendala dilapangan,” ujarnya.

 

“Kita menyiapkan personel tambahan selama 10 hari kedepan mereka akan bertugas, untuk memperkuat 360 personel yang sudah ditugaskan terlebih dahulu,” ujar Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK, Rabu (4/10/2023).
Ia menjelaskan, bahwa wilayah OKI menjadi prioritas dalam pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Pasalnya akibat kejadian itu asap dari wilayah OKI terbawa angin ke arah kota Palembang.

 

“Kita juga mendapatkan bantuan dari pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI, yang menyediakan 10 buah pompa air portabel, 50 buah selang,” katanya.
Kemudian ada juga masker dan kacamata anti asap (masing-masing 100 buah), dan uang makan personel dengan indeks Rp100 ribu per orang per hari, selama 10 hari.

 

Untuk sasaran pemadaman terutama di laksanakan di daerah Jungkal, Tulung Selapan, Pampangan, Cengal dan Pedamaran. “Nantinya personel kita akan di bawah kendali Dandim, Kapolres OKI dan Kepala BPBD OKI,” terangnya.
Bupati OKI juga dapatnya menggerakkan Camat dan Kepala Desa untuk bersama-sama dengan TNI, Polri dan BPBD untuk memadamkan api yang asapnya terbawa angin ke arah Kota Palembang.

Kita juga mendapatkan bantuan dari pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI, yang menyediakan 10 buah pompa air portabel, 50 buah selang,” katanya.
Kemudian ada juga masker dan kacamata anti asap (masing-masing 100 buah), dan uang makan personel dengan indeks Rp100 ribu per orang per hari, selama 10 hari.

 

Untuk sasaran pemadaman terutama di laksanakan di daerah Jungkal, Tulung Selapan, Pampangan, Cengal dan Pedamaran. “Nantinya personel kita akan di bawah kendali Dandim, Kapolres OKI dan Kepala BPBD OKI,” terangnya.
Bupati OKI juga dapatnya menggerakkan Camat dan Kepala Desa untuk bersama-sama dengan TNI, Polri dan BPBD untuk memadamkan api yang asapnya terbawa angin ke arah Kota Palembang.

 

“Kita juga menginstruksikan kepada Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono agar mengerahkan 100 orang personelnya,” akunya.

 

Hal ini untuk membantu wilayah perbatasan dengan Ogan Ilir, dengan menyiapkan mobil Damkar dan mobil tangi air dari Pemerintah Kota Palembang serta dari PT Pertamina PT Pusri dan mobil Water Cannon milik Polri
Bupati Ogan Ilir juga memberikan dukungan yang sama, berupa peralatan pompa air, selang pemadam kebakaran, masker dan kacamata anti asap, dan uang makan personel dengan indeks Rp100rb per orang per hari, selama 10 hari.

 

 

Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIK mengatakan akan rapat koordinasi bersama satgas Water bombing dan stakeholder lainnya sehingga helicopter stand by on call sesuai Tupoksinya dan sudah mengetahui wilayahnya dalam penanganan Karhutlah, dalam melaksanakan pemadaman Api .

 

Kapolda juga mengapresiasi kepada Kementerian Sosial serta steak holder lainnya yang turut membantu menyediakan Tenda Lapangan, Field Bed, Dapur Lapangan, Obat-obatan, Air Minum dan kebutuhan lain yang akan mendukung pelaksanaan tugas anggota di Lapangan,” tutupnya.

 

Sementara itu PJ Gubernur Sumsel Dr Agus Fatoni,MSI mengatakan Apresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh Polda Sumsel dan jajaran dalam penanganan Karhutlah Pemda provinsi Sumsel mensupport apa yang telah dilakukan Polda Sumsel dan jajaran semoga dengan kolaborasi komunikasi dan koordinasi yang sudah terjalin baik selama ini masalah penanganan Karhutla di provinsi Sumsel cepat tertangani, tandas Alumni STPDN Jatinangor 94

 

Pada Kegiatan tersebut Kapolda Sumsel Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo, S.I.K. didampingi Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol. Ulung Sampurna Jaya, S.I.K., M.H.Karoops Polda Sumsel Kombes Pol. Reeza Herasbudi, S.I.K., M.M. Karorena Polda Sumsel Kombes Pol. Toto Wibowo, S.H., M.H. Dirintelkam Polda Sumsel Kombes Pol. Iskandar F. Sutisna, S.I.K., M.Si.Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol. Sofyan Hidayat, S.I.K., M.M Wadirreskrimsus Polda Sumsel AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K.M.H dan
Wadansat brimob Polda Sumsel AKBP Eko Sumaryanto, S.I.K., M.Si.

 

Sedangkan Forkopimda Sumsel
Pj. Gubernur Sumsel Dr. Agus Fatoni, M.Si. Ketua DPRD Provinsi Sumsel Ibu Hj. R.A. Anita Noeringhati, S.H., M.H. Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumsel Drs. H. Edward Chandra, M.H.Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumsel Dr. H.M. Al Fajri Zabidi, S.Pd., M.M., M.Pd.I, Kepala pelaksana BPBD Sumsel M. Iqbal Alisyahbana, S.S.T.P., M.M.Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setda Provinsi Sumsel Sandi Pahlevi, S.P., M.Si.Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sumsel Tony Kurniawan, S.S., M.M.Serta Kasat Pol PP Provinsi Sumsel H. Aris Saputra, S.Sos., M.Si.

 

 

Turut juga hadir Tim Kementerian LHK,
Dirjen Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Ir. Sigit Reliantoro, M.Sc., Tenaga Ahli Menteri Bidang Karhutla . Dr. Raffles Brotestes Panjaitan, M.Sc., Direktur Pengendalian Kerusakan Lahan Bpk. Ir. Edy Nugroho Santoso Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sumatera Ferdian Krisnanto, S.Hut., M.P.dan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumsel., Ujang Wisnu Bharata, S.Hut., M.Sc.

(Kadim)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin