info polisi

Juli 21, 2024 8:04 pm

Kejaksaan Tetapkan Tersangka Kades Kabandungan Sukabumi

Sukabumi, INFO POLISI

 

Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi. Menetapkan AS, Kepala Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan menjadi tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi keuangan dana desa (DD) tahun anggaran 2019-2020.

 

Penetapan tersangka AS tersebut, berdasarkan dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Kabupaten Sukabumi, sebab ulah AS yang telah mengakibatkan negara mengalami kerugian mencapai Rp713 juta, tepatnya Rp 713.800.602.

 

Bambang Yunianto Kepala Kejari Kabupaten Sukabumi, melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidana Khusus), Ratno Timur Habeahan Pasaribu menuturkan, bahwa pada hari Kamis, tanggal 21 April 2022. Setelah penyidik pidsus menemukan dua alat bukti yang cukup, atas
Perbuatan AS disangkakan terkena Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 jo Pasal 18 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

 

“Dari hasil penyidikan kami telah menemukan dua alat bukti yang cukup dan kami menemukan indikasi kuat perbuatan melawan hukum dalam kasus dugaan korupsi Dana Desa, di Desa Kabandungan dengan ditetapkannya tersangka AS,” Ungkap Ratno Timur Habeahan kepada awak media. (22/04/2022).

 

Ranto Timur Habeahan menegaskan, meskipun penyidik sudah menetapkan AS sebagai tersangka, namun sejauh ini belum dilakukan penahanan.

 

“AS Belum ditahan. Nanti setelah penetapan, akan dilanjutkan ke pemeriksaan sebagai tersangka,” pungkas Ratno. (22/4/2022).

 

Sebagai langkah untuk mengantispasi agar kasus serupa tidak terulang kembali, maka pihaknya mengimbau agar pengelolaan keuangan harus sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku, serta berpedoman pada petunjuk teknis dan pelaksanaan.

 

“Tidak boleh over kekuasaan dalam menjalankan fungsi di pemerintahan desa, harus tetap memberdayakan perangkat desa dan BPD sebagai fungsi kontrol serta check balance dalam setiap kewenangannya,”Ujar Ranto. (22/4/2022)

 

Erick

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin