info polisi

Juli 25, 2024 8:07 pm

Lembaga Laskesi di Hari Terakhir Lakukan Wawancara di UPT Puskesmas Sukahaji Untuk Kelayakan Akreditasi

INFOPOLISI.NET | BANDUNG

Puskesmas sebagai salah satu FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang difungsikan sebagai gate-keeper dalam pelayanan kesehatan.

 

Puskesmas dituntut untuk memberikan penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan yang Paripurna, Adil, Merata, Berkualitas dan memuaskan masyarakat.

 

Berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu. Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.

 

Kepala Bidang Pelayan Kesehatan Kota Bandung Dr. Debora Joana Ratu

Salah satu cara untuk menilai mutu dan kualitas pelayanan puskesmas dilakukan dengan Akreditasi dengan implementasi standar akredaitasi akan menjamin manajemen puskesmas.

 

penyelenggaraan program kesehatan, dan pelayanan klinis telah dilakukan secara berkesinambungan. Akreditasi puskesmas adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan RI.

 

Setelah dinilai bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan Puskesmas yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan.

 

penilaian akreditasi puskesmas salah satunya yaitu pada bagian Peningkatan Mutu Puskesmas (PMP) dimana disebutkan bahwa perbaikan mutu dan kinerja Puskesmas konsisten dengan tata nilai, visi, misi dan tujuan Puskesmas, dipahami dan dilaksanakan oleh Pimpinan Puskemas, Penanggungjawab Upaya Puskesmas dan Pelaksana. Melalui akreditasi, diharapkan manajemen Puskesmas dapat menerapkan Prosedur Standar dengan baik sehingga pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

 

 

Jenjang Akreditasi Puskesmas ada 4 tahapan yang menjadi bentuk penilaian Tim Surveyor Lembaga berdasarkan ketentuan dari Menteri Kesehatan RI
– Strata Dasar
– Madya
– Utama
– Paripurna ( yang paling tinggi )

 

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bandung Dr. Debora Joana Ratu dalam keterangannya,” tentang akreditasi adalah memotret kegiatan sehari-hari di puskesmas agar sesuai dengan standar yang ada dan kalau kita lolos itu akan tersertifikasi oleh Kementerian kesehatan maka nya ada istilah Paripurna, Utama, Madya dan Dasar.

 

Pada tahun 2019 Puskesmas Sukahaji mendapatkan predikat Utama, jadi mudah-mudahan penilaian hari ini mendapatkan nilai Paripurna sesuai dengan target yang dilakukan oleh Lembaga.

 

Masih kata Dr. Debora, dilihat dari luar kedalam Puskesmas Sukahaji sudah sangat luar bisa sarana prasana, untuk disabilitas juga ada, untuk penanganan Limbah nya juga sudah ada, dan dengan program-program yang di wajibkan itu sudah dilaksanakan di Puskesmas Sukahaji,” ucapnya.

 

“Setelah nanti puskesmas Sukahaji terakreditasi tentunya harus meningkatkan mutu pelayanan, tata kelolanya dan tetap harus dijaga agar mutu peningkatan dan keselamatan pasien tetap terjaga, bisa aja nanti ada penambahan ruangan, ditambahkan alat-alat yang lebih canggih lagi kemudian ada kalibrasi alat-alat apakah penambahan laboratorium dan yang lainnya.

 

Harapan saya tetap memberikan pelayan dengan mendengarkan kebutuhan dari masyarakat karena sejatinya yang menilai adalah masyarakat puskesmas hadir yaitu untuk pelayanan kepada masyarakat dan tetap berkoordinasi dengan lintas sektor,” pungkasnya.

 

Di hari terakhir Tim Surveyor Lembaga Laskesi berada di Puskesmas Sukahaji untuk penilaian Dr. Utin Tita Juniarti menyatakan,” saya ditugaskan oleh Lembaga Laskesi yaitu untuk memotret keberadaan dari Puskesmas Sukahaji.

 

Untuk penilaian kita ada dua tim, satu tim surveyor yang bertugas menilai pelayanan perorangan nya, dan tim satu lagi melihat bagaimana adminitrasi nya di luar gedung,” ucapnya.

 

“Akreditasi ini saya selaku juru potret nanti di validasi lembaga kami dan disampaikan ke Kementrian Kesehatan dan nanti akan di putuskan Kementrian Kesehatan tingkat derajatnya seperti apa dan hasil nya nanti 2 Minggu.

 

Semua Puskesmas harus mengacu ke peraturan dan undang-undang, peraturan Menteri Kesehatan dimana pelayanan harus standar terakreditasi dan saya berharap dari kementrian Kesehatan Puskesmas Sukahaji terakreditasi,” tandasnya. (Mustopa)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin