info polisi

Februari 22, 2024 5:28 pm

Pelantikan Penggalang Ramu dan Kegiatan ‘CDPK’ SDN 060 Raya Barat

INFOPOLISI.NET | BANDUNG

 

Kegiatan Pesta Siaga Penggalang yang di mulai dari jam 14.00 yang dilaksanakan di halaman SDN 060 Raya Barat, dari hari jumat dan Sabtu, 27/28 Oktober 2023.

 

Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain:

 

– Registrasi
– Upacara Pembukaan
– Sholat Ashar Berjamaah
– Materi 1
Pengetahuan Orientasi Kepramukaan
– Materi 2
Penyuluhan
Kemandirian
– Materi 3
Pengetahuan Tentang Lalu Lintas
– Sholat Magrib
– Materi 4
Tausyiah
– Sholat Isya
– Makan Malam
– Materi 5
Pemutaran Film ”Peristiwa Sumpah Pemuda”
– Upacara Api Unggun
– Pentas Seni dan Lomba Yel yel
– Istirahat (tidur)
– Sholat Subuh
– Olah Raga
– Wide Game
– Operasi Semut
– Upacara Pelantikan dan Penutupan.

 

Acara Pesta Siaga Penggalang di buka oleh Kepala Sekolah sekaligus Kamabigus SDN 060 Raya Barat Yayat Hidayat. S.Pd., M. M., Pd dalam sambutannya,” Penggalang merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh gerakan pramuka baik di tingkat ranting, tingkat cabang maupun di tingkat pusat. Sedangkan tujuan dilaksanakannya kegiatan Penggalang antara lain meningkatkan ketaqwaan, keterampilan siswa, menambah rasa gembira dan membina persatuan antar siaga.


“Di sore yang sangat cerah, sangat panas sekali, dengan semangat mengikuti kagiatan ini, bapa harapkan kalian bisa terus bersemangat dan dari awal sampai akhir, dan bapa titip nanti malam kalian jangan bermain kemana-mana dan harus terus bersemangat jaga adab dan sopan santun,” imbuh Kamabigus.

 

Lanjut Ketua komite SDN 060 Raya Barat Asep Suryana memberikan pengarahan kepada peserta penggalang,” saya akan memberikan kategori tema yaitu “Disiplin” yang menjadi tema dalam Pesta Siaga ini, Disiplin adalah sikap atau perilaku yang mentaati segala aturan norma yang berlaku baik itu di masyarakat ataupun di Negara Republik Indonesia.


Salah satunya disiplin adalah bisa di terapkan di rumah yaitu contohnya “kalau adik-adik bangun tidur harus membersihkan tempat tidur” itu salah satu disiplin yang harus kerjakan,” ucap Asep.


Ditempat yang sama Aipda Sopian Bhabinkamtibmas Polsekta Babakan Ciparay memberikan anjuran,” temanya yaitu “tidak diperbolehkan sepeda listrik di gunakan dijalan raya”
sepeda listrik itu seharusnya tidak di perbolehkan, dan sudah banyak kejadian kecelakaan yang terjatuh, tersenggol kendaraan seperti mobil dan motor, jadi sepada listrik itu di pergunakan di taman dan di komplek, tidak di perbolehkan mengunakan sepeda listrik di jalan raya.


Jadi saya menghimbau kepada adik-adik jangan menggunakan sepeda listrik kalau nanti sampai ketahuan menggunakan sepeda listrik di jalan raya saya akan memanggil orang tua adik-adik, dan adik-adik siap berjanji untuk tidak menggunakan sepeda listrik di jalan raya, (jawab anak-anak siap janji),” himbaunya Sopian.

Lanjut kegiatan penyuluhan mengenai cara penanganan binatang buas yang di sampaikan oleh Ferdinandz Adha Wanda Syafe’i Pecinta Alam dari Universitas Langlang Buana, Ferdi sambil memegang ular dan menerangkan,” Nama ular ini yaitu Sanca Kembang, dan tidak berbisa, ular Sanca biasa nya ada di rawa-rawa.

Ciri-ciri ular ini buas dan berbisa adalah Ekor yang Ujungnya Merah, Memiliki 2 Taring di depan dan memiliki Kepala berbentuk 2.
Untuk cara penanganannya yaitu jangan panik dan harus tau dulu jenis ularnya apa dan ular yang berada di rawa itu semua ular berbahaya,” jelas Ferdi yang mempunyai banyak binatang-binatang peliharaan di rumahnya.

Lanjut acara yang di tunggu-tunggu oleh anak-anak penggalang yaitu menyalakan api unggun, sebelum api unggun di nyalakan dilaksanakan upacara dan pengarahan dari pembina, upacara di mulai semua lampu penerangan yang ada di sekolah di padamkan, terasa sekali malam itu sangat sunyi sepi, gelap gulita dan tanpa suara, pembina, peserta, orang tua peserta dan semua yang hadir semua merasakannya sambil menunggu api unggun menyala.


Tak lama kemudian api unggun menyala disertai dengan sorak soray para peserta dan semua yang hadir di lingkaran api unggun sambil menyuarakan yel yel, yang tadi nya sunyi sepi dan berbalik menjadi ramai dan riuh sambil merasakan kehangatan api unggun sambil menari-nari dan menunggu api unggun Sampai padam agar para peserta bisa langsung beristirahat untuk persiapan besok di hari terakhir kegiatan.


Lanjut pagi harinya melakukan olah raga dan persiapan kegiatan Wide Game yang telah di persiapkan temanya di pos 1 sampai pos 4.

Lanjut kegiatan Operasi Semut yaitu Aksi Bersih-bersih, memberikan Edukasi, dan membuang sampa pada tempatnya.


Diakhir kegiatan sekaligus penutupan kegiatan Penggalang  yaitu melaksanakan Pelantikan Pramuka Penggalang yang di pimpin oleh Bambang setiawan, S.Pd selaku
Pembina Penggalang Putra.


Upacara Pelantikan Pramuka Penggalang Ramu, diawali prosesi tanya jawab oleh Pembina Penggalang Bambang setiawan, S.Pd kepada Ramu, lalu mengucapkan janji Tri Satya, prosesi penciuman Bendera, dilanjut dengan membasuh wajah dengan air mawar dilakukan bergiliran oleh pembina kepada Ramu,
dilanjut sungkem oleh Ramu kepada pembina dan mendoakannya, terkahir
Penyematan Penggalang Ramu oleh para Pembina.

Upacara pelantikan bertujuan agar pramuka yang dilantik mendapat kesan yang mendalam dan membuka hatinya terhadap nilai-nilai positif yang telah ditanamkan dalam proses pembinaan dan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan dari hari Jumat-Sabtu (27/28) Oktober 2023 berjalan lancar penuh hikmat dan bermakna. (Mustopa – Atang S)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin