info polisi

April 16, 2024 5:24 pm

Pemilihan Ketua OSIS SMPN 73 Bandung Dengan Tema “Suara Demokrasi”

INFOPOLISI.NET | BANDUNG

Pemilihan Ketua Osis SMPN 73 Bandung yaitu dengan memilih salah satu kandidat dari 3 calon kandidat Ketua OSIS dengan menyediakan surat suara yang telah di sediakan oleh panitia, dengan cara mencoblos salah satu kandidat Calon Ketua yang menjadi pilihannya, bertempat di Aula SMPN 73 Bandung, Rabu 18 Oktober 2023.

 

Sebelum ke tahapan pemilihan ketua OSIS, hari kemarin mereka para kandidat calon ketua OSIS telah melakukan debat Mengenai visi dan misi mereka agar bisa menarik perhatian dari simpatisan-simpatisannya, selain debat calon kandidat melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan tim suksesnya masing-masing.

 

Pemilihan ketua osis tahun 2023-2024 dilaksanakan dengan melakukan pencoblosan yang di mulai oleh Kepala Sekolah SMPN 73 Bandung Rissa Marissa.,S.Pd., M.Pd., dilanjutkan dengan guru dan berlanjut semua murid yang akan mengunakan hak suaranya.

Selesai pencoblosan dilanjut dengan penghitungan suara yang di saksikan Kepala Sekolah, guru dan semua siswa-siswi, dengan dimulai penghitungan suara suara dan suara pertama langsung di umumkan riuh tepuk tangan dan yel-yel yang di gelorakan oleh pendukung nya masing-masing calon kandidat ketua OSIS, meskipun berbeda pilihan tetapi siswa-sisiwi tetap memberikan semangat tidak hanya kepada kandidat Mereka sendiri tetapi kepada kandidat yang lainnya juga tetap memberikan semangat.

 

Calon Kandidat Ketua OSIS terdiri dari 3 tim, dan 1 tim ada 3 orang antara lain:

 

1. Rizky M Cahya
M Fadli G.P
Kalisa Nada. T

2. Helmi Yaghdan.S
Radita Alia. R
Febrianti. A

3. Alqis Hisanah
Zaskia Azka
Abelia Sarah

 

Hasil Akhir Penghitungan Pemilihan Ketua OSIS periode 2023-2024

 

No Urut 1. Dengan Raihan suara sebanyak 187 suara

No Urut 2. Dengan Raihan suara sebanyak 26 suara.

No Urut 3. Dengan Raihan suara sebanyak 13 suara

Jumlah suara sah 226 suara

Jumlah suara tidak sah 20 suara

Total surat suara 246

Visi & Misi Calon Kandidat Ketua Osis

 

Kandidat ke 1, M. Fadli. G. P menyatakan,” visi saya yaitu mengembangkan potensi bakat dalam bentuk ekstra kulikuler, dan menjalankan sekbid-sekbid untuk penguatan agar bisa menjalankan program kegiatan di SMPN 73, dan yang terakhir membuat acara dan mengembangkan event yaitu minat bakat agar bisa berkembang,” ucap.

 

Lanjut kandidat ke 2 Radita Alya Ramadani, visi saya yaitu mewujudkan siswa-siswi SMPN 73 menjadi berkarakter kreatif dan cerdas, dan misi nya yaitu meningkatkan prestasi dan tetap solid antara siswa dan OSIS agar tetap harmonis dengan program-programnya,”ucapnya.

 

Terakhir kandidat ke 3 Alqis Hisanah misi saya yaitu untuk menjadikan anak-anak berkarakter agar SMPN 73 bisa lebih berkembang dan berprestasi,” tenangnya.

 

Ketua Pelaksana dan Koordinator Pelaksana Proyek Pertama Pemilihan Ketua OSIS Mila Karmila menyampaikan,” dengan program P5 di SMPN 73 ini ada 7 tema dan dari tema itu harus diselesaikan selama 3 tahun, dan tahun ini kita melaksanakan tema “Suara Demokrasi” dengan topik “Berdemokrasi Dengan Santun dan Cerdas Dalam Pemilu Osis”.
Dalam Projek ini kita bekerjasama dengan kesiswaan jadi untuk pencalonan ketua OSIS itu oleh kesiswaan,” jelasnya.

 

Lanjut Mila, awal projek itu kita ada sosialisasi dulu, lalu mendeklarasikan kepada kandidat-kandidat yang sudah di tentukan oleh kesiswaan, dan rangkaiannya ada timses dan melakukan debat, dan kampanye dan hari ini pemilunya.

 

Dan tim projek hanya sampai pemilu nya dan untuk pemilihan Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris itu di serahkan kepada Wakasek Kesiswaan, jadi tidak sampai di pemilu OSIS saja mereka semua siswa-siswi harus melakukan tugas yaitu pembuatan video dan refleksi, dan pembuatan video ini adalah salah satu tugas atau salah satu dari projek ini, dan refleksi adalah dari seasion awal sampai akhir acara projek ini, apakah perasaan siswa-siswi senang atau tidak,” pungkas Mila.

Kepala Sekolah SMPN 73 Bandung Rissa Marissa., S.Pd. M.Pd., di akhir acara Pemilu OSIS menyatakan,” Tahapan dari rangkaian P5 Projek Pertama yaitu penguatan Pancasila bekerjasama dengan tim kesiswaan untuk memilih OSIS sehingga tahapannya melibatkan Kelas VII dan Kelas VIII, mulai dari sosialisasi tentang pemilu, tata cara pemilu, dan di sampaikan di depan ibu guru, dan siswa-siswi mempersiapkan alat-alat untuk kegiatan hari ini,” katanya.

 

Ketua OSIS terpilih mereka harus punya konsep tersendiri dengan panduan dari Wakasek kesiswaan, terkait dengan visi & misi sesuai dengan yang mereka perjuangkan.
Terkait dengan profil Pelajar Pancasila itu terhubung dengan Suara Demokrasi dan di Profil Pelajar Pancasila itu ada enam kompetensi, dimensi yang termasuk kepada Profil Pelajar Pancasila.

 

Harapan saya yaitu terkait Profil Pelajar Pancasila dengan tema “Suara Demokrasi” yang langsung mereka rasakan dengan memilih ketua OSIS, yaitu tumbuhnya karater Profil Pelajar Pancasila dan mampu memperjuangkan visi & misi mereka yang sejalan dengan visi SMPN 73 Bandung, yang membelajarkan mereka sepanjang hayat melalui praktek langsung dalam berorganisasi dan itu menjadi modal dan pengalaman berharga bagi mereka untuk kedepannya,” pungkas Rissa Marissa. (Mustopa/Atang Solihin)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin