info polisi

Juli 20, 2024 2:40 pm

Pengadilan Negeri Bandung mengabulkan permohonan Praperadilan Pegi Setiawan

Foto: Hakim Tunggal Eman Sulaeman S.H., M.H dalam sidang putusan Praperadilan Pegi Setiawan 

 

 

INFOPOLISI.NET | BANDUNG

Pengadilan Negeri Bandung akhirnya mengabulkan permohonan praperadilan yang dilakukan dari pihak kuasa hukum Pegi Setiawan dan untuk seluruhnya dibebaskan atas status tersangka kasus pembunuhan Vina dan M Rizky atau Eky di Cirebon pada 2016 silam.

 

Dalam putusannya, Hakim Tunggal PN Bandung Eman Sulaeman S.H.,M.H menyatakan sejumlah pertimbangan atas perkara tersebut. Hakim menyebut Polda Jabar tidak melakukan pemeriksaan sesuai prosedur, di antaranya tidak memeriksa Pegi sebelum ditetapkan menjadi tersangka.

 

“Menimbang bahwa hakim tidak sependapat dengan dalil dari termohon yang mengatakan tidak perlu pemanggilan atas pemohon,” kata Eman Sulaeman saat membacakan putusan di PN Bandung, Senin (8/7/2024).

Menurut Eman, tindakan yang dilakukan Polda Jabar tidak sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomo 14 Tahun 2020 tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana, dan Peraturan Kapolri Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana. Sehingga, Eman menyatakan penetapan DPO terhadap Pegi Setiawan tidak sah secara hukum.

 

“Karena keluarga harus tahu pemohon masuk ke dalam DPO,” ucapnya menambahkan.

 

Pertimbangan lainnya, Hakim Emanpun tidak sependapat dengan termohon dalam hal ini Polda Jabar maupun ahli yang dihadirkannya mengenai prosedur penetapan tersangka. Menurut hakim, proses penetapan tersangka harus dilakukan terlebih dahulu dengan pemeriksaan calon tersangka tersebut.

 

“Hakim menimbang penetapan tersangka tidak hanya bukti permulaan cukup dan bukti cukup, dua alat bukti harus ada pemeriksaan calon tersangka dulu,” ungkapnya.

 

Hakim pun menyatakan penetapan tersangka tidak hanya bukti permulaan cukup dan bukti cukup dua alat bukti karena harus ada pemeriksaan calon tersangka dulu. Ia mengatakan, putusan mahkamah konstitusi terkait pemeriksaan calon tersangka bersifat mengikat dan harus dipatuhi.

 

“Fakta di persidangan tidak ditemukan bukti satu pun pemohon dalam penyidikan pernah diperiksa sebagai calon tersangka,” pungkasnya.

Sementara, Kabid hukum Polda Jabar Kombes.Nurhandi Handayani mengatakan setelah selesai putusan, bahwa kami sangat menghargai dan menghormati putusan Hakim tunggal PN Bandung Eman Sulaeman untuk dilaksanakan.”ujarnya.

Didalam putusan tersebut Hakim Eman Sulaeman S.H yang telah mengabulkan permohonan untuk seluruhnya atas praperadilan Pegi setiawan di Pengadilan Negeri Bandung mengatakan, bahwa putusan tersebut adalah, Final, dan semua pihak harus menghormatinya.”ungkap Eman.(E.S)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin