info polisi

Februari 22, 2024 5:11 pm

Ribuan Massa Bakar Kantor Bupati Pohuwato, Seusai Bakar Kantor PT PETS di Gorontalo

INFOPOLISI.NET | GORONTALO

Ribuan massa dari berbagai elemen masyarakat membakar kantor Bupati Pohuwato, aksi massa tersebut viral di media sosial. Sebelum massa melakukan perusakan dan pembakaran kantor Bupati Pohuwato, terlebih dahulu massa telah membakar kantor PT Puncak Emas Tani Sejahtera (PT PETS) Gorontalo, Kamis (21/9/2023).

Aksi massa tersebut seperti yang dibagikan melalui akun media sosial
@risgarazis, massa setelah sebelumnya melakukan aksi demonstrasi, tetapi dari aksi yang ke tiga kali ini berakhir dengan ricuh. Tepatnya pada kamis, (21 September 2023).

Massa demonstrasi mendesak agar menghentikan aktivitas pertambangan Pani Gold Project (PGP), serta menyelesaikan ganti rugi lahan yang menjadi hak-hak penambang lokal.

Massa demonstrasi awalnya mendatangi kantor PT Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS), mereka untuk menemui pihak atau perwakilan agar terselesaikan masalah yang menjadi tuntutan para penambang lokal. Karena tidak ada satupun perwakilan yang menemui mereka. Setelah itu, massa meluapkan kekecewaan nya dengan merusak kantor dan fasilitas operasional tambang perusahaan.

Kemudian massa melanjutkan aksi nya ke Kantor Bupati Pohuwato, mereka dikawal ketat oleh pihak aparat kepolisian.

Setelah melayangkan protes dan tuntutan yang sama, massa aksi kemudian melayangkan kekecewaan dengan membakar beberapa fasilitas yang ada di kantor Bupati Pohuwato. Dikarenakan massa aksi tidak dalam jumlah yang sedikit, membuat upaya pengawalan aparat kepolisian tidak bisa berbuat banyak.

Lalu, massa juga melupakan kekecewaan nya dengan membakar dan merusak sejumlah fasilitas Kantor DPRD yang lokasinya tidak jauh dari Kantor Bupati Pohuwato. Aksi para demonstran melakukan unjuk rasa tersebut karena mengaku kecewa terhadap ketidakjelasan pembayaran lahan milik mereka yang sudah dijanjikan. Karena lahan milik mereka saat ini dikuasai dan dikelola oleh pihak perusahaan.

Aksi itu terhimpun atas nama Forum persatuan ahli waris IUP OP dan ahli waris penambang Pohuwato. Point penting dalam tuntutannya, mereka meminta supaya pihak perusahaan mengembalikan lokasi tambang warisan leluhur masyarakat penambang Pohuwato.

Terlihat dalam video yang tersebar, massa aksi sepertinya sudah emosi tidak dapat dikendalikan oleh aparat kepolisian. Lalu mereka melempari kantor Bupati Pohuwato dengan batu juga kayu dan membakar kantor tersebut.

Selain itu hal yang sama dilansir serambinews.com, ribuan pengunjuk rasa membakar Kantor Bupati Pohuwato, Gorontalo, Kamis (21/9/2023). Massa aksi yang sudah emosi tidak dapat dikendalikan oleh aparat kepolisian. Lalu massa melempari kantor Bupati Pohuwato, diantaranya menggunakan batu juga kayu.

Kemudian, kaca jendela kantor Bupati Pohuwato pecah dan hancur.
`
Ribuan massa juga merusak sejumlah fasilitas di kantor Bupati Pohuwato, seperti meja dan kursi. Kemudian, kaca jendela kantor Bupati Pohuwato pecah dan hancur. Aksi anarkis massa tersebut berlangsung selama beberapa jam.

Petugas kepolisian sempat mencoba membubarkan massa aksi, namun tidak berhasil.

Polisi hanya bisa mengamankan sejumlah massa aksi yang tertangkap tangan.

Sebelum membakar kantor bupati, massa membakar kantor PT Puncak Emas Tani Sejahtera (PT PETS).

Aksi anarkis massa disebabkan oleh kekecewaan mereka terhadap pemerintah daerah Pohuwato.

Masyarakat menilai bahwa pemerintah daerah tidak mampu mengatasi dampak negatif dari aktivitas tambang PT PETS.

Masyarakat juga menilai bahwa pemerintah daerah tidak memberikan perhatian yang serius terhadap tuntutan masyarakat. Hal ini membuat masyarakat semakin marah dan melakukan aksi anarkis.***

(Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin