info polisi

Maret 5, 2024 10:29 am

Sat Intelkam Polres Banyuasin Monitoring Kegiatan Bimtek Pembentukan KPPS Pemilu 2024

INFOPOLISI.NET | PALEMBANG 

Sat Intelkam Polres Banyuasin melaksanakan monitoring kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se- Kabupaten Banyuasin untuk Pemilu 2024 yang bertempat di Ballroom II Hotel Novotel Kota Palembang, Sabtu (9/12).

 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt Ketua KPU Banyuasin Ricky Oktadinata SH MH yang dihadiri Pj Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam, Asisten 1 Pemerintahan Ir Izroh Maita MSi, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sumsel H Nurul Mubarok SE MSi, Ketua Bawaslu Banyuasin Ameredi SPd MPd.

 

Juga hadir Dandim 0430/Banyuasin Letkol Inf Roni Sugiarto, Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK,
Kasat Pol- PP Banyuasin yang Diwakilkan Sugimin SSos MM, Kabid Yankes Dinkes Banyuasin Suparsi SKM MKes, Kasat Intelkam Polres Banyuasin Iptu Bagus Tabiin Sridarmojo STrk.

Kemudian hadir juga Anggota Bawaslu Banyuasin Siti Holijah SPdI, Zakaria SE dan Aprilyadi SH, Seluruh OPD Pemkab Banyuasin, PPK dan PPS Kecamatan Air Kumbang, Banyuasin I, Rantau Bayur, Talang Kelapa,Tanjung Lago dengan peserta ± 350 orang.

 

Dalam sambutannya Plt Ketua KPU Banyuasin Ricky Oktadinata SH MH menjelaskan, surat dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang berisi tentang fasilitas sarana dan prasarana serta administrasi perizinan bagi ASN di pemerintah daerah sebagai petugas PPK, PPS, dan KPPS.

 

Dikatakan Ricky Oktadinata, agar Anggota PPK dan PPS untuk memperbanyak Koordinasi dengan stekholder terkait. Seluruh peserta yang hadir bisa melakukan tindak lanjut perekrutan KPPS dengan peraturan yang berlaku. “Karena di TPS di perlukan penyelenggara KPPS yang memahami aturan, memiliki dedikasi yang kuat, siap melayani,” ujar dia.

 

Diharapkan petugas KPPS menguasai Handpone berbasis Android, karena nantinya akan ada pengoperasian penghitungan suara menggunakan aplikasi digital.

 

Dikesempatan yang sama Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sumsel H Nurul Mubarok SE MSi mengharapkan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS berjalan dengan baik dan lancar, kuncinya distribusi logistiknya sampai tepat waktu, dan tepat jumlahnya.

 

“Serta KPPS nya melaksanakannya dengan baik untuk memastikan pelaksanaan Pemilu sebagai sarana kedaulatan rakyat berjalan dengan baik, lancar, damai, tangguh, sehat,” ungkap dia.

 

Pj Bupati Banyuasin pada kesempatan itu yang dibacakan oleh Asisten 1
mengapresiasi kepada KPU Banyuasin terhadap kinerjanya selama ini, dan terlihat dari keseriusan dan ketegasan dari KPU Provinsi terkait kehadiran peserta Bimtek Pembentukan KPPS.

 

“Menyambut baik kegiatan Bimtek ini dikarenakan KPPS merupakan ujung tombak dalam Pemilu dan proses pemilihan KPPS yang akan dilaksanakan oleh PPS agar betul – betul teliti dalam perekrutannya,” kata dia.

 

“Nantinya setelah terbentuk KPPS, mulai dari Ketua dan Anggota KPPS memahami betul apa tugas dan tanggung jawabnya agar Pemilu dapat berjalan dengan baik,”timpal dia lagi.

 

Sementara Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK mengatakan bahwa Polres Banyuasin menjamin Pemilu 2024 di Kabupaten Banyuasin aman dan kondusif dengan melakukan deteksi dini, melakukan pengawalan terhadap pendistribusian logistik pemilu, melakukan tugas lain yang sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.

 

“Melakukan tindakan hukum terhadap tindak pidana Pemilu yang dilaporkan kepada Polri oleh Bawaslu. Melakukan tugas pelayanan berupa penerimaan pemberitahuan kegiatan kampanye dan atau pemberian ijin kepada peserta Pemilu (sttp),”kata dia.

 

Polres Banyuasin juga akan mengadakan pelatihan Linmas dalam hal pengamanan TPS dalam rangka Pemilu 2023/2024.”Mensosialisasikan keseluruh lapisan masyarakat tentang Pemilu damai, dan Netralitas Anggota Polri dalam Pemilu Tahun 2024,”jelas dia.

 

Kasat Pol- PP Banyuasin yang diwakili Sugimin SSos MM menyampaikan
peran penting Linmas dalam mendukung kelancaran proses Pemilu 2024. Linmas diharapkan dapat berpartisipasi dalam keanggotaan KPPS dengan tugas pembantu dalam pengamanan pelaksanaan pemungutan suara, penghitungan suara, serta pengamanan logistik.

 

Linmas memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan selama Pemilu. Mereka akan terlibat di berbagai tahapan, termasuk pengamanan di tempat TPS dan pengawalan logistik, baik di pos maupun pada saat penghitungan suara. Kerjasama erat dengan koordinator dari TNI dan Polri juga menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan Pemilu yang aman dan kondusif,” pungkas dia.

 

Kemudian Dinas Kesehatan Banyuasin Ibu Suparsi SKM MKes dalam penyampaiannya bahwa Dinas Kesehatan memberikan pelayanan pemeriksaan dan Surat Keterangan Berbadan Sehat(SKBS) secara gratis.

 

“Kami dari Dinas Kesehatan meminta kepada para pejuang demokrasi, penyelenggara Pemilu tahun 2024 untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat, dengan memperhatikan pola makan, konsumsi vitamin, istirahat yang cukup,” ucap dia. (Kadim)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin