info polisi

Juli 22, 2024 12:39 am

Semarakkan Sumpah Pemuda Melalui VesParty 2023 Bandung ‘Satu Vespa Sejuta Saudara’

INFOPOLISI.NET | BANDUNG

 

Peringati Sumpah Pemuda serta mengedepankan dan mengembalikan budaya ‘Satu Vespa Sejuta Saudara’ juga berikan nilai edukasi guna mengembalikan makna persaudaraan BERBEDA, BERSATU untuk bisa BERSAMA.

 

Kota Bandung kembali di gebrak dengan event VesParty 2023 Bandung, ‘The Biggest Vespa Community Gathering In Indonesia’ Laswi City Heritage, Jl. Laswi Kota Bandung, Jawa Barat pada tanggal 28-29 Oktober 2023, untuk hari Sabtu di awali dari jam 10.00 WIB s.d 23.00 WIB dan pada Minggunya jam 08.00 WIB s.d 20.00 WIB.

 

Jodie P Syauta selaku Ketua Panitia Vesparty menyebutkan, berawal dari hobi dan pemerhati otomotif, jika berbicara Vespa bisa di bilang aneh lain dari pada yang lain ibarat mobil Mercedes dan BMW. Ketertarikan ini sudah sejak tahun 2019 pada saat memiliki Vespa metik, dan ada sebuah budaya yang terjadi di Vespa, jika bertemu saling sapa dengan cara menyapa membunyikan klakson, terlebih jika ada kendala truble kendaraan di jalan sudah pasti saling membantu dan itulah Vespa.

 

“Di Vespa sudah tidak mempedulikan tahun, agamanya, kulitnya, tetap saling bantu saling sapa makanya ada istilah “Satu Vespa Sejuta Saudara”, namun seiring berganti jaman budaya sudah mulai luntur, dan kita perlu mengedukasi kembali makna dari persaudaraan dan kebersamaan,” ujar Jodie.

 

Dilanjutkannya, di Indonesia ada beberapa acara Vespa besar, CostumVes, berbicara costume semuanya ada di Jogja, yang terakhir di adakan pada tahun lalu event di Indonesia yaitu Vespa Word Day dengan andalannya museum. Namun sejauh ini belum ada di Jawa Barat khususnya Kota Bandung yang menjadi barometer Otomotif Nasional hampir semua grup motor semua pertama dan terbesar di Indonesia ada di Bandung.

 

“Akhirnya timbul sebuah ide, kenapa kita tidak kumpulkan saja semua club Vespa yang selama ini membuat acara komunitasnya masing-masing, kami dari VesParty tidak mewakili club apapun dengan rasa semangat ingin MENYATUKAN semua, BERBEDA, BERSATU dan BERSAMA,” jelasnya.

 

“Event ini juga berbarengan dengan peringatan Sumpah Pemuda di 28 Oktober yang sudah jarang di adakan, rata-rata kirab di lakukan dengan bentuk touring, maka dari itu kami membuat Sumpah Pemuda Ride, khusus Vespa dengan Skuter,” ujar Jodie.

 

Ini adalah, sambung Jodie, acara ‘The Biggest Vespa Community Gathering In Indonesia’ dengan kesemangatan yang sama, ‘Berbeda, Bersatu untuk bisa Bersama’ tidak hanya komunitas pencinta Vespa namun semua bisa hadir memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan kebersamaan berparty dengan Vespa.

 

“Tujuannya adalah kita berbeda tanpa melihat jenis dan sebagainya, kami di sini tetap memegang azas kebersamaan, yang menjadi jargon di event VesParty adalah ‘Wall of Fame’ jadi ada beberapa tokoh dan artis nasional pencinta Vespa yang kami tampilkan di Wall of Fame tanpa melihat siapa-siapanya, kami tidak akan menulis dia siapa, yang pasti dia pencinta Vespa,” terangnya.

 

Disebutkannya kembali, sekitar 40 komunitas yang akan hadir dan sekaligus kami juga mengundang semua komunitas Vespa bahkan di luar komunitas Vespa dan yang ingin mengetahui budaya Vespa karena disini ada nilai edukasinya juga. Di event VesParty ada live performen penampilan dari Rumah Sakit dan The Panturas serta artis-artis lainnya, Wall of Fame, Food and Bazaar, Kontes, Komunitas dan Kuliner, Area Camping, Area Slow Race, Taman Main Anak. Ini adalah kegiatan puncak karena sebelumnya kami adakan perlombaan Road Race khusus untuk Vespa di lapangan BRIGIF 15 Kujang II Kota Cimahi.

 

Dilokasi yang sama Winda Saskia, pencetus nama sekaligus Founder VesParty juga artis penyanyi Pop yang mempopulerkan lagu berjudul ‘KAMU DIMANA’ Original Soundtrack Sinetron ‘CINTA SUCI’ yang akrab di panggil Winda menambahkan bahwa, VesParty juga merupakan acara yang dibuat untuk mempererat keBERSAMAan dengan rangkaian acara yang mencakup pameran, pertemuan pecinta Vespa, keliling bersama, perlombaan, pertunjukan dan mengukir prestasi baru.

 

“Sebagaimana diketahui bahwa penggemar Vespa mempunyai basis massa yang besar dari berbagai daerah, rentang usia dari yang remaja hingga dewasa serta dari strata sosial yang berbeda-beda,” imbuhnya.

 

Sasaran dari acara VesParty ini, sambung Winda, khususnya adalah komunitas Vespa, club Vespa, peminat dan pemerhati Vespa di Bandung dan sekitarnya dan Jawa Barat, nasional dan internasional pada umumnya.

 

“Saat ini terdapat lebih dari 20 komunitas dan club Vespa yang ada di kota Bandung dan sekitarnya dan masih banyak lagi komunitas dan club Vespa yang berada di Jawa Barat dan diluar wilayah Jawa Barat yang akan secara khusus diundang untuk hadir dan memeriahkan acara Vesparty,” katanya.

 

Winda menegaskan, dengan men-targetkan sebanyak 10,000 Vespa dan 20,000 orang yang akan hadir diacara Vesparty merupakan skala acara yang tidak kecil dan perlu koordinasi yang baik dengan para pencinta Vespa.

 

“Vesparty juga akan melakukan aksi sosial langsung ke masyarakat sebagai bentuk kepedulian dari para penggemar Vespa untuk membantu masyarakat dalam bentuk kegiatan: Donor Darah, Bantuan Fasilitas Umum penyediaan sarana kamar mandi dan WC umum di daerah yang membutuhkan, Berbagi Dengan Anak-Anak Yatim Piatu,” tandasnya.

 

Diketahui juga bahwa pada tanggal 29 Oktober bertepatan dengan ulang tahunnya Winda Saskia beliau yang membuat nama VesParty sementara untuk gagasan event VasParty kolaborasi antara Winda Saskia dan anak sulungnya Jodie P. Syauta.(Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin