info polisi

Mei 21, 2024 11:52 pm

Seniman Perupa Lakukan Melukis Bersama di Alun-alun Kota Cimahi

seniman perupa

INFOPOLISI.NET | CIMAHI

Kota Cimahi – Puluhan seniman perupa melakukan melukis bersama di Alun-alun Kota Cimahi. Mereka meluapkan kegembiraannya karena pandemi covid-19 sudah melandai sehingga sudah bisa beraktivitas offline seperti biasa. Para perupa tersebut secara bersama-sama mengekspresikan kegembiraaanya dengan melukis bersama secara on the spot (OTS) di Taman Alun-alun Kota Cimahi pada Minggu pagi (29/05/2022) pukul 09.00 sampai 15.30 WIB.

 

Para seniman perupa yang datang ke Taman Alun-alun Kota Cimahi tersebut bukan hanya berasal dari Kota Cimahi, tetapi ada juga yang berasal dari Kabupaten Bandung Barat. Mereka datang ke sini secara spontan dan atas nama pribadi, meskipun meraka berasal dari berbagai komunitas seni yang ada di Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

 

seniman perupa
rasa syukur seniman perupa dengan melakukan aksi melukis bersama di alun alun kota cimahi

 

Tampak hadir para perupa senior seperti Deden Maulana, Hamdani, Bahar Malaka, Cus Kusumah, Agus hamdani, Soni Sanjaya, Toto, Yadi Qustan, Ariel, Nur Libiana Ma’ruf atau akrab disapa Bunda Nur, Bunda Erni Siregar, dan beberapa pelukis muda berusia remaja. Mereka datang satu persatu dan membaur dengan warga di sekitar Taman Alun-alun Kota Cimahi untuk bersilaturahmi sambil berkarya.

 

Menurut Deden Maulana, kegiatan on the spot para seniman perupa Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat yang dilakukan secara spontanitas ini jauh lebih interaktif dengan masyarakat dan lingkungannya dibandingkan dengan banyak kegiatan terjadwal yang juga harus dilakukan secara normatif. Dengan kegiatan ini mereka bisa mengekspresikan diri dengan berkarya secara bebas tanpa tema tertentu.

 

“Jadi anggaplah sebagai pelepasan dari masa pandemi covid-19 dengan cara melukis,” ungkap Deden yang juga aktif di Dewan Kebudayaan Kota Cimahi (DKKC) sebagai Ketua Komite Seni Rupa.

 

Pada kesempatan tersebut Deden juga memberikan masukannya terkait keberadaan seniman dan Taman Alun-alun Kota Cimahi. Dengan antusias dia menyambut baik kegiatan ini dan berharap pemerintah Kota Cimahi memperhatikan seniman dan keberadaan Taman Alun-alun Kota Cimahi.

 

“Kebetulan ini dilakukan Taman Alun-alun Kota Cimahi yang letaknya persis di depan gedung DPRD Kota Cimahi, maka ke depannya perlu dilakukan semacam revitalisasi. Jangan membongkarlah, terlalu mahal anggarannya, tetapi bagaimana taman ini ditata, dirawat, dipelihara sehingga menjadi suatu ruang publik yang bisa berinteraksi antara masyarakat, antara tokoh-tokoh, atau antara tokoh dan masyarakat,” pungkas Deden.

 

Kegiatan perupa berlangsung dengan lancar dan terbilang sukses. Dalam kegiatan melukis OTS tersebut juga ada atraksi kegiatan menggambar sketsa wajah yang dilakukan oleh Hamdani, pelukis senior dari Kabupaten Bandung Barat yang pernah menjadi Ketua Forum Pelukis Cimahi (Forkis). Kali ini yang menjadi model lukisannya adalah seorang artis penyanyi yang sedang daun, Silvana Citra Maharani.

 

 

Artis muda pelantun lagu “Cinta Bukan Main Catur” ini tampil cantik dengan busana yang dikenakannya. Citra merasa senang bisa berkontribusi ikut memeriahkan acara melukis spontan yang dilakukan oleh para perupa. Dia juga berharap seniman Kota Cimahi dapat lebih kompak lagi dan dapat lebih maju dari sekarang.

 

Sementara itu perupa Achmad Kusnadi alias Cus Kusumah merasa senang atas kekompakan teman-temannya dalam melakukan kegiatan melukis bersama ini. Meskipun kegiatan melukis OTS tersebut tanpa panitia, tapi ternyata bisa berjalan dengan baik.

 

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar walaupun dengan kondisi apa adanya. Kami melakukannya dengan asyik dan nyaman, tanpa beban. Semoga kegiatan kami ini bermanfaat dan ke depannya saya berharap ada kelanjutannya. Next, Insyaalloh kami akan terus melakukannya dan menjadi agenda rutin bagi para perupa di Kota Cimahi. Semoga kelak kegiatan on the spot di taman alun-alun ini bisa menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun manca negara,” ungkap Cus Kusumah dengan penuh optimis.

 

(MS)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin