info polisi

Maret 5, 2024 12:09 am

Transfer Embrio (TE) Upaya Pemkab OKI Tingkatkan Kualitas Bibit Ternak Sapi

INFOPOLISI.NET | PALEMBANG 

Pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan melakukan pengaplikasian transfer embrio (TE) pada ternak sapi.

 

Transfer embrio (TE) merupakan metode dalam bidang bioteknologi reproduksi dengan memasukkan embrio pada alat reproduksi ternak betina resepien menggunakan alat tertentu untuk mendapat anakkan berkualitas.

 

“Melalui TE bibit murni bisa di dapat dengan cepat, metode TE juga memiliki keuntungan karena memperpendek interval generasi sehingga perbaikan mutu genetik lebih cepat, serta mengurangi resiko adanya penyakit reproduksi menular pada induk” Jelas Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI, Dedy Kurniawan, S.STP., M.Si di Mesuji OKI, Rabu, (19/10/2023).

 

Dedy mengatakan Ternak sapi hasil TE memiliki kualitas genetic yang baik karena barasal dari pejantan dan betina unggul.

 

“Adapun anak hasil TE yang berjenis kelamin jantan biasanya akan dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai pejantan unggul untuk memproduksi semen beku. Sementara betina biasanya juga dapat dijadikan sebagai sapi donor dan dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi,” pungkasnya.

 

Ia menambahkan, para petugas pemelihara ternak resepien TE harus memenuhi kebutuhan minum dan pakan hijauan maupun konsentrat untuk ternak resepien TE tersebut agar pertumbuhan bisa optimal dan kebuntingan bisa dijaga dengan baik.

 

Sementara Bupati OKI, H. Iskandar, SE mengatakan riset peternakan dapat mendukung kemandirian pangan di masa mendatang.

 

“Persilangan sapi diciptakan dan adaptif terhadap lingkungan kita. Untuk untuk mendorong budidaya dan menggenjot kualitas sapi dari aspek kuantitas dan kualitas,” Ujar Iskandar.

 

Metode inseminasi buatan atau transfer embrio jelas Iskandar dapat diaplikasikan oleh peternak untuk meningkatkan kualitas ternak.

 

“Masyarakat bisa belajar caranya melakukan kawin silang sapi betina dari jenis lain, dan sapi jantan jenis lain, menghasilkan anak sapi yang berkualitas tinggi,” ujar bupati.

 

Iskandar juga mengatakan Pemkab OKI berkomitmen untuk terus mengembangbiakan wilayah peternakan sapi di Ogan Komering Ilir.

 

“Tentu dengan dukungan swasta dan kemandirian peternak untuk mengembangkan sentra peternakan unggul di Ogan Komering Ilir,” Ujar dia. (Kadim)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin