info polisi

April 15, 2024 10:53 am

Usai Pemakaman Eril, Ridwan Kamil dan Istri Ikhlas Ditinggalkan Anak Sulung

INFOPOLISI.NET | BANDUNG

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, bersama Istri Ridwan Kamil, Atalia, terlihat sedang menabur bunga saat usai prosesi pemakaman jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak sulung mereka dengan iklas menerima kepergiaannya.

 

 

Jenazah putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz dimakamkan di pemakaman keluarga, dengan dihadiri ratusan pelayat dari berbagai elemen masyarakat di kawasan Masjid Al-Mumtadz, Cimaung, Kabupaten Bandung. Selamat jalan, Eril. Senin, 13 Juni 2022.

 

 

Berikut ini janji-janji Allah SWT bagi orang-orang yang sabar menghadapi musibah sebagaimana tertuang dalam ayat-ayat Al-Qur’an.

1. Allah SWT Senantiasa Membersamainya

Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 153, Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ
“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa Allah SWT senantiasa membersamai orang-orang yang sabar terutama sabar ketika menghadapi ujian yang berat.

2. Mendapatkan Keberkahan, Rahmat dan Petunjuk Allah SWT

Berkaitan dengan hal tersebut, Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 155-157:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ. اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ .اُولٰۤىِٕكَ عَلَيْهِمْ صَلَوٰتٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۗوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُهْتَدُوْنَ.
“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). Mereka itulah yang memperoleh keberkahan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk (Q.S. Al-Baqarah : 155-157)”

Ayat tersebut secara tegas menjelaskan bahwa orang-orang yang sabar menghadapi ujian akan memperoleh keberkahan, rahmat dan petunjuk dari Allah SWT.

3. Mendapatkan Pahala Tanpa Batas

Janji Allah SWT akan balasan pahala yang tiada batas bagi orang-orang yang sabar terdapat dalam Al-Qur’an Surat Az-Zumar ayat 10:

اِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ
“Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan balasannya dengan pahalanya tanpa batas.”

4. Memperoleh Derajat Yang Tinggi di Surga

Hal tersebut dijelaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Furqan ayat 75 :

اُولٰۤىِٕكَ يُجْزَوْنَ الْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوْا وَيُلَقَّوْنَ فِيْهَا تَحِيَّةً وَّسَلٰمًا
“Mereka itu akan diberi balasan dengan tempat yang tinggi (dalam surga) atas kesabaran mereka, dan di sana mereka akan disambut dengan penghormatan dan salam.”

 

Menurut Tafsir Al-Mukhtashar atau Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram) sebagaimana dikutip dari laman tafsirweb.com menjelaskan maksud ayat tersebut bahwa mereka yang memiliki sifat-sifat yang disebutkan di atas, adalah orang-orang yang dibalasi dengan kamar-kamar yang tinggi dalam surga Firdaus yang tertinggi.

 

Hal tersebut karena kesabaran mereka dalam ketaatan, dan di dalamnya mereka disambut oleh para Malaikat dengan penghormatan dan ucapan selamat, dan di dalamnya pula mereka diselamatkan dari berbagai bahaya.

 

Alfatihah 🤲
#DoaUntukEril

 

(Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin