info polisi

Mei 30, 2024 7:40 am

Bawaslu OKI Gandeng Insan Pers Dalam Mengawal Pemilu Tahun 2024 Yang Berintegritas

INFOPOLISI.NET | PALEMBANG 

Menjelang pesta Demokrasi 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan mengajak seluruh insan pers yang bertugas di Kabupaten OKI untuk berperan aktif dalam pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) partisipatif agar terwujud Pemilu 2024 yang demokratis, jujur dan berkualitas.hal ini di katakan Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona, SH.i saat membuka Sosialisasi di Hotel Cipta Kayuagung Selasa, (10/10).

 

Dalam kesempatan ini juga Romi mengatakan, pihaknya sangat membutuhkan kolaborasi dengan pihak media dalam pengawasan yang bersifat partisipatif pada tahapan kampanye Pemilu 2024 nanti. Maka dengan ini sosialisasi kali ini mengambil tema. “Peranan media dalam mengawal pemilihan umum tahun 2024 yang berintegritas.” Mengingat Bawaslu tidak akan mampu bekerja sendiri tanpa kerjasama pihak-pihak terkait dalam pengawasan tahapan Pemilu 2024 nanti.

 

“Tentunya kami butuh bersinergi dan bermitra dengan kalangan pers dalam upaya pencegahan dan pengawasan partisipatif Pemilu serentak 2024,”

Lebih lanjut Romi mengatakan Kami juga butuh partisipasi masyarakat untuk ikut dalam pengawasan pemilu, terutama rekan-rekan media kami ingin kedepan dapat mengedukasi masyarakat berkaitan dengan tahapan-tahapan pemilu dan saat ini sudah masuk pada tahapan ke tiga dan sebentar lagi kita akan tahapan penetapan TPS di tanggal 3 November ini perlu juga edukasi ke masyarakat. Maka dengan ini Kami berharap peran rekan-rekan media di Kabupaten OKI dapat meningkatkan partisipasi pemili untuk Pemilu 2024 mendatang.

 

Romi menambahkan pada proses tahapan Pemilu rawan terjadi pelanggaran sehingga pihaknya menganggap penting untuk berkolaborasi dengan pihak media. Memberikan informasi yang akurat terkait tahapan kampanye nanti, tentunya akan mempermudah kerja Bawaslu untuk
pengawalan Pemilu 2024 nanti.

 

Mengapa kami berkolaborasi dengan rekan-rekan media dalam Menghadapi tahapan-tahapan Pemilu 2024 kami dari

 

Bawaslu menyadari secara ke organisasian kami kurang SDM mengingat Kabupaten hanya lima orang anggota panwascam hanya tiga orang di Desa hanya ada satu orang dan di TPS yang namanya Pengawas TPS hanya satu orang jadi dengan keterbatasan maka kita mengajak media untuk bersama-sama menjadi Pengawas partisipatif artinya kalau kita lihat dari pengalaman-pengalaman kita kemaren memang media sangat berperan besar apalagi Pemilu ini adalah sebagian besar generasi Z sedangkan generasi Z kalau kita lihat pemiliknya usia 17 sampai dengan 41. Generasi Z di bawah 50 persen namun itu paling tinggi.

Romi mengharapkan Ketika media banyak mengedukasi informasi-informasi yang baik dan informasi yang penting tentang sisi positif dan negatif camping, kita harapkan nanti betul-betul masyarakat yang memilih bisa di cerdaskan dari berita-berita kawan media, mengingat Insan media sebagai sarana pendidikan politik bagi masyarakat, diharapkan dapat ikut serta dalam mengawal proses pemilu agar
menciptakan pemilu yang demokratis.

 

Sosialisasi tersebut di hadiri lima orang anggota Bawaslu OKI, Ketua Romi Maradona S.H.I Anggota Komisioner Bawaslu OKI Didi Masda Riandri, ST, Ra.M.Oki Mabruri SH,.MH, Muhammad Kafrowi ST, dan Syahrin SPd, dan perwakilan dari Organisasi Wartawan yang di ada Kabupaten OKI yaitu , perwakilan PWI 10 orang, Anggota IWO sebanyak 10 orang, lima orang dari SMSI, 5 orang dari FORWAKI, 5 orang dari SWI, 5 orang dari PWI Peduli, 5 orang dari IWO Indonesia dan 5 orang dari PPWI Kabupaten OKI, INews TV, TVRI, PAL.TV, Radio FM Kayuagung serta para awak media lainnya dari berbagai media massa maupun media Online lainnya.

(Kadim)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin