info polisi

Mei 22, 2024 12:45 am

Kadisdik Kota Bandung, Insan Pendidikan Harus Menjadi Teladan

INFOPOLISI.NET | BANDUNG

Pendidikan menjadi modal utama lahirnya sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. Agar bisa mewujudkan itu, insan pendidikan Kota Bandung harus menjadi contoh dan suri teladan.

 

Insan pendidik harus memberikan contoh bagaimana pendidikan karakter menjadi agen perubahan yang bermanfaat untuk generasi muda. Karena orang yang baik itu harus kuat beradaptasi pada situasi dan kondisi kekinian,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar di Kantor Dinas Pendidikan Kota Bandung, Sabtu 23 September 2023.

Menurutnya, semua orang memang harus mersepon terhadap setiap perubahan. Termasuk juga para pendidik yang harus mengikuti perkembangan zaman.

 

“Respon tiap perubahan. Semua insan pendidikan itu menjadi agen perubahan pendidikan,” ujar Hikmat.

 

Sebagai respon cepat dalam agen perubahan, Hikmat mengatakan, Kurikulum Merdeka harus diimplementasikan dengan sungguh-sungguh.

 

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar.

 

Mulai dari pengembangan soft skill dan karekter, fokus pada materi esensial, relevan yang mendalam sehingga ada waktu untuk membangun kreatifitas dan inovasi.

 

Selain itu, terdapat pembelajaran yang fleksibel, memberikan keleluasaan pada guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan masing-masing murid.

 

“Kita implementasikan kurikulum merdeka. Pedoman bagi Disdik Kota Bandung untuk implementasikan program itu. Karena di dalamnya pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga tiap siswa itu punya potensi kecerdasan,” bebernya.(Mustopa)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin