info polisi

Mei 21, 2024 11:24 pm

Kepala Puskesmas UPT Sukahaji Bertindak Cepat Evakuasi Penderita ODGJ ke RSJ Cisarua “Telah Melakukan Tindakan Penusukan Kepada Anaknya”

INFOPOLISI.NET | BANDUNG

Telah terjadi Kejadian tindakan penusukan oleh Feri penderita ODGJ terhadap anaknya MF pada hari Senin 2 Oktober 2023 pada pukul 11.00, lokasi di Jalan Babakan Sawah RT 07 RW 03 Kelurahan Sukahaji, Kecamatan Babakan, Ciparay Kota Bandung.

 

“Bu Hodijah selaku orang tua dari Feri penderita ODGJ menceritakan Kronologis kejadian sampai terjadi penusukan yang dilakukan oleh Feri terhadap anaknya yang berinisial MF umur 12 tahun.

 

“Berawal dari Feri (penderita ODGJ) mencari hp dan pas bangun hp tidak ada di sampingnya, lalu menanyakan kepada anaknya MF, dan MF lalu menjawab tidak melihatnya, karena jawaban MF tidak melihat dan mengetahui hp nya ada dimana, tidak lama kemudian Feri langsung mengambil pisau di dapur dan tidak jauh dari lokasi MF duduk, Feri langsung mengarahkan pisau tersebut ke muka MF dan menusuk nya ke arah pipi, dengan rasa ketakutan dan kesakitan MF langsung keluar dan berteriak meminta bantuan kepada keluarga dan tetangga yang lagi ada di luar rumah, lalu keluarga dan tetangga menghampiri MF untuk melakukan tindakan pengobatan kepada MF, dan Feri penderita ODGJ setelah melakukan tindakan tersebut ada didalam rumah tidak keluar, alhamdulilah cucu saya selamat sampai tidak terjadi korban jiwa,” ucap Bu Hodijah.

Feri (tengah) di gandeng oleh linmas
Feri (tengah penderita ODGJ) di dampingi Linmas Kelurahan Sukahaji

“Vera kakak dari Veri Suntana (penderita ODGJ) Bersama Ibunya datang ke Puskesmas UPT Sukahaji, Kecamatan Babakan Ciparay untuk konsultasi dan meminta rujukan ke RSJ Cisarua Kabupaten Bandung Barat untuk ditangani.

 

Kepala UPT Puskesmas Sukahaji Drg. Moh. Ali Mamora langsung menugaskan kepada perawat Angga Hilmansyah dan Encep bersama petugas Linmas Kelurahan Sukahaji bergegas ke lokasi untum mengevakuasi Feri penderita ODGJ.

Penderita ODGJ di masukan ke dalam mobil ambulance
Penderita ODGJ di masukan ke dalam mobil ambulance dan di bawa ke RSJ Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Angga Hilmansyah, Encep bersama petugas linmas bergegas ke lokasi dan setelah sampai di lokasi Angga Hilmansyah mencoba membujuk Feri agar bisa nurut dan mau ikut tapi masih belum bisa, lalu Angga Hilmansyah, Encep bersama Linmas dan sahabatnya Veri berhasil bisa di evakuasi lalu di masukan ke mobil ambulance untuk di bawa ke RSJ Cisarua, Kabupaten Bandung Barat untuk penanganan lebihlanjut.

 

Kepala UPT Puskesmas Kelurahan Sukahaji, Kecamatan Babakan Ciparay, Drg. Moh. Ali Mamora menyatakan,” Untuk kasus seperti ini apalagi meresahkan masyarakat, kami koordinasi dulu dengan pihak keluarga lalu dengan kewilayahan yaitu RT/RW dan Kelurahan melalui Linmas dan kami langsung koordinasi dengan pihak RSJ Cisarua untuk penanganan lebih lanjut.

Kepala Puskesmas UPT Sukahaji Dr. Moh Ali Mamora
Kepala Puskesmas UPT Sukahaji Drg. Moh. Ali Mamora

Lanjut Dr Ali, untuk proses perawatan penderita ODGJ apabila sudah meresahkan warga itu langsung di tangani dan tenggang waktu berapa lama itu tergantung dari panderita dan seberapa parahnya penderita ODGJ itu.

 

Dan di Kecamatan Babakan Ciparay terutama di wilayah kami Puskesmas Sukahaji dan Babakan alhamdulilah selalu di tangani berdasarkan laporan dan permintaan dari keluarga penderita ODGJ,” tandas Drg. Moh. Ali Mamora. (Mustopa)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin