info polisi

Februari 22, 2024 5:42 pm

Sekda Buka Seminar Kebijakan SDA “Pemulihan dan Pelestarian Sungai Cimandiri” Sukabumi

INFOPOLISI.NET | SUKABUMI

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, SH.,MM membuka secara resmi Seminar Kebijakan Sumber Daya Alam dengan tema “Pemulihan dan Pelestarian Sungai Cimandiri”, Bertempat di Gedung Widaria Kencana, Kota Sukabumi, Selasa (19/7).

 

Kegiatan yang digelar oleh Bagian Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Sukabumi ini diikuti oleh peserta dari Dinas Instansi terkait, Camat serta Kepala Desa disekitar Daerah Aliran Sungai Cimandiri. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah dalam upaya menyiapkan bahan perumusan kebijakan pengelolaan sumber daya alam di Kabupaten Sukabumi.

 

 

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan, sungai Cimandiri memiliki potensi yang cukup baik untuk diberdayakan dimana pada sebagian areanya terdapat destinasi wisata arung jeram disepanjang aliran sungainya juga terdapat spesies ikan lokal langka yaitu ikan sidat serta potensi Pembangkit Listrik Tenaga Hidro yang dapat dikembangkan.

 

“Berdasarkan potensi tersebut jelaslah bahwa ikhtiar dalam pelestarian Sungai Cimandiri ini tidak dapat dilakukan secara parsial namun harus terkolaborasi secara sinergis dengan konsep pentahelix yang tepat sehingga semua stakeholder dapat terlibat secara aktif,” Jelasnya.

 

 

Lebih lanjut Sekda menegaskan, substansi dari tema yang diangkat dari seminar ini ada dua hal penting, yakni pemulihan kondisi sungai cimandiri yang memprihatinkan dan melestarikan keberadaan potensi sumber daya alamnya.

 

“Dalam menjawab permasalahan tersebut, perlu diketahui pula potensi yang dimiliki sehingga disaat pemulihan kondisinya masih tetap mampu menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitarnya dalam arti memulihkan dengan tidak menimbulkan ekses negatif dan tidak merusak ekosistem yang sudah ada,” Ungkapnya.

 

Diakhir sambutannya Sekda berharap, kegiatan ini dapat melahirkan adanya beberapa alternatif solusi dari kebijakan pemulihan dan pelestarian Daerah Aliran Sungai Cimandiri yang komprehensif dan mengakar sampai ke desa dan masyarakat.

 

“Lebih dari itu juga diharapkan akan muncul suatu kebijakan atau program yang bisa menjadikan Kabupaten Sukabumi sebagai Kabupaten Konservasi.” Tandasnya.

 

(Rick)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin